FACE OF OUR LIBRARY


Friday, April 15, 2011

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Kim Brownies di Sukoharjo)


FITRIANTO , IHSANUDIN (2010)

ABSTRAKSI
Ihsanudin Fitrianto, 2010. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Kim Brownies di Sukoharjo). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan mempengaruhi kinerja karyawan.
Metode penelitian dengan survey pada Kim Brownies dengan mengambil 59 karyawan sebagai sampel. Alat pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisis data.
Dari hasil analisis uji F menunjukkan bahwa kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan secara bersama-sama dan signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Hasil analisis yang telah dilaksanakan menghasilkan Adjusted R2 sebesar 0,602 yang berarti menunjukkan bahwa sekitar 60,2% variasi dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variasi kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan, sedangkan sisanya sekitar 39,8% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model. Hasil analisis uji t yang diperoleh, untuk kompensasi menunjukkan H1 diterima yang berarti kompensasi secara individual mempengaruhi kinerja karyawan. Untuk kepemimpinan menunjukkan H2 diterima yang berarti kepemimpinan secara individual mempengaruhi kinerja karyawan. Untuk ketidakpastian lingkungan menunjukkan H3 ditolak yang berarti ketidakpastian lingkungan secara individual tidak mempengaruhi kinerja karyawan.
Kata kunci: kompensasi, kepemimpinan, ketidakpastian lingkungan, kinerja karyawan.

BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai salah satu unsur produksi merupakan faktor paling penting dan utama di dalam segala bentuk organisasi. Faktor penting disini sifatnya komplek sehingga perlu mendapatkan perhatian, penanganan, dan perlakuan khusus disamping faktor produksi yang lain.
Sumber daya manusia mempunyai peranan yang besar dalam suatu organisasi. Keberhasilan mencapai tujuan organisasi datang dari perilaku pegawainya sendiri oleh karena itu para karyawanlah yang membentuk struktur organisasi dan memanfaatkan teknologi. Lagi pula, para karyawanlah yang mengadakan tanggapan terhadap variasi dan takaran lingkungan.
Apabila peranan perilaku individu dalam organisasi diteliti lebih lanjut, tampak bahwa organisasi harus mempunyai dua prasyarat penting agar mampu memastikan keberhasilan akhir, yakni adanya sistem kepemimpinan yang kondusif dan besarnya kompensasi yang diberikan kepada anggota organisasi itu.
Kepemimpinan pada suatu organisasi yang melayani masyarakat luas dikembangkan melalui sistem kepegawaian yang mantap. Pengembangan karier yang berdasarkan prestasi kerja, kemampuan yang profesional, keahlian dan keterampilan serta kemantapan sikap mental aparat dapat di wujudkan melalui upaya pendidikan pelatihan, penugasan, bimbingan, dan konsultasi serta melalui
pengembangan motivasi, kode etik, dan disiplin kedinasan yang sehat, didukung oleh sistem pemberian penghargaan yang wajar.
Sementara bagi organisasi sendiri dalam usaha mencapai tujuan sangat membutuhkan peran serta manusia yang menjadi anggota organisasi itu. Kegiatan organisasi tidak akan berjalan tanpa adanya keterlibatan unsur manusia yang ada di dalamnya. sejalan dengan pentingnya sumber daya manusia dalam organisasi. Bahwa manusia merupakan unsur yang paling penting menentukan keberhasilan/kegagalan suatu organisasi dalam menyelenggarakan berbagai kegiatannya dan dalam rangka pencapaian tujuan sasaran organisasi.
Tercapainya tujuan organisasi tidak hanya tergantung pada peralatan modern, sarana dan prasarana yang lengkap saja, tetapi justru lebih tergantung pada manusia yang melaksanakan pekerjaannya. Dengan begitu diharapkan mampu memberikan hasil kerja yang baik atau mempunyai prestasi kerja yang tinggi yang dibutuhkan oleh organisasi secara keseluruhan yang merupakan kontribusi dari hasil kerja karyawannya.
Penelitian ini akan mengangkat dua isu penting dalam upaya peningkatan karyawan yaitu kompensasi dan kepemimpinan. Hal ini mengacu pada penelitian dari Lestari (2006). Akan tetapi berbeda dengan Lestari (2006) penelitian ini menambahkan satu segi yang juga penting yaitu ketidakpastian lingkungan, suatu
segi yang rupanya diabaikan oleh Lestari (2006) akan tetapi dianggap sebagai aspek penting dalam penelitian Wibisono (2007).
Perusahaan berada dalam suatu lingkungan yang terdiri dari lingkungan eksternal maupun lingkungan internal. Lingkungan eksternal perusahaan dipandang merupakan kondisi yang dinamis yang menciptakan kesempatan, ancaman, serta sumber daya dan informasi bagi perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan seringkali mengalami perubahan yang sulit untuk diramalkan perubahannya.
Perubahan pada lingkungan eksternal perusahaan merupakan ketidakpastian lingkungan yang dapat mempengaruhi operasional perusahaan, Miliken dalam Darlis (2001) berpendapat bahwa ketidakpastian lingkungan adalah rasa ketidakmampuan individu untuk memprediksi lingkungan secara akurat. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat merupakan salah satu bentuk ketidakpastian lingkungan yang berdampak pada aktivitas perusahaan.
Kim Brownies merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kue. Pada awalnya, perusahaan ini lebih berkonsentrasi pada kue brownies sebagai produk andalannya, tetapi pada perkembangannya, sebagai perusahaan yang peka terhadap permintaan pasar, maka Kim Brownies dalam jangka waktu ke depan tidak menutup kemungkinan juga akan memproduksi kue-kue jenis lain jika memang permintaannya tinggi. Sebagai salah satu perusahaan pangan, maka sudah selayaknya perusahaan memperhatikan karyawan agar tujuan organisasi bisa terwujud sehingga tercipta hubungan yg sinergis antar hubungan horisontal antar pegawai maupun hubungan vertikal bawahan dengan atasan.
Berdasarkan uraian, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Kim Brownies di Sukoharjo).”
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka di rumuskan suatu permasalahan yaitu sebagai berikut :
Apakah kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan mempengaruhi kinerja karyawan ?
C. Pembatasan Masalah
Sesuai dengan pokok permasalahan yang telah disebutkan, maka pembahasan analisis faktor–faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dibatasi pada masalah kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan.
D. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah, tujuan penelitian tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada Kim Brownies di Sukoharjo adalah untuk mengetahui apakah kompensasi, kepemimpinan, dan ketidakpastian lingkungan mempengaruhi kinerja karyawan.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan akan memberikan beberapa kontribusi sebagai Berikut :
1. Bagi Penulis
Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sumber pengalaman dan studi banding antara teori dan praktek di perusahaan.
2. Bagi Perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat menyusun strategi perbaikan kinerja karyawan
yang disesuaikan dengan keadaan perusahaan, serta mencari tahu faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
3. Bagi Pihak Lain
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan, terutama sebagai bahan acuan untuk penelitian sejenis.
F. Sistematika Penulisan
Penelitian ini dilaporkan dalam bentuk skripsi yang dibagi dalam lima bab, yang secara garis besarnya adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini berisi uraian tentang teori-teori yang mendasari penelitian ini, yang meliputi pengertian kompensasi, kepemimpinan, ketidakpastian lingkungan, kinerja karyawan, penelitian terdahulu, kerangka teoritis, dan hipotesis.
BAB III METODE PENELITIAN
Dalam bab ini menguraikan tentang ruang lingkup penelitian, populasi dan sampel, sumber data, definisi operasional variabel, metode pengujian instrumen, dan teknik analisis data.
BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi gambaran umum perusahaan, gambaran umum responden,
deskripsi variabel, hasil analisis data, dan pembahasannya (penerapan metode penelitian pada bab III, pembandingan hasil penelitian dengan kriteria-kriteria yang ada, pembuktian hipotesis, serta jawaban atas pertanyaan yang telah disebutkan dalam perumusan masalah).
BAB V PENUTUP
Bab terakhir ini berisi simpulan dari serangkaian pembahasan, keterbatasan penelitian atau kendala-kendala dalam penelitian, serta saran-saran yang perlu untuk disampaikan, baik untuk perusahaan maupun bagi penelitian selanjutnya.

No comments:

Post a Comment