FACE OF OUR LIBRARY


Friday, April 15, 2011

HUBUNGAN FAKTOR KOMORBID, USIA DAN STATUS GIZI DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN HERNIA INGUINALIS LATERALIS REPONIBILIS YANG DIOPERASI ......

Abstract
AFIF, AHMAD (2010)

Latar Belakang: Hernia merupakan salah satu kasus di bagian bedah yang pada umumnya sering menimbulkan masalah kesehatan dan memerlukan tindakan operasi. Pada pasien hernia sering disertai dengan faktor komorbid, usia dan status gizi yang tidak menguntungkan dalam penyembuhannya.

Faktor komorbid, usia dan status gizi yang dihubungkan dengan lama rawat inap pasien hernia yang dilakukan herniorepair tanpa mesh menjadi dasar penelitian ini dilakukan. Tujuan: Untuk melihat hubungan faktor komorbid, usia dan status gizi dengan lama rawat inap pasien hernia yang dioperasi dengan herniorepair tanpa mesh di RS PKU Muhammadiyah periode 2005 sampai 2007. Metode: Penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional berdasarkan data rekam medik. Pengambilan data subyek penelitian harus memenuhi kriteria inklusi, yaitu pasien hernia yang dilakukan operasi herniorepair dengan data rekam medik terdapat lama rawat inap, tekanan darah, gula darah dan usia. usia lebih dari 18 tahun. Subyek penelitian sebanyak 48 pasien, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode SPSS 16. Perbedaan dianggap bermakna jika nilai p<0,05. Hasil: Dari uji korelasi data nominal, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,364 untuk komorbid, dan 0,654 untuk usia. Dan status gizi tidak dapat dianalisis karena tidak bisa mewakili empat kolom dalam chi square 2x2, dengan demikian Ho pada komorbid dan usia diterima (lebih besar dari α=0,05). Kesimpulan: Tidak didapatkan hubungan perbandingan faktor komorbid, usia dan status gizi dengan lama rawat inap pada pasien herniorepair tanpa mesh di RS PKU Muhammadiyah Surakarta periode 2005-2007.

No comments:

Post a Comment